NERS FRISKY

Senin, 26 November 2012

SKRIPSI KEPERAWATAN MEDIKAL-BEDAH "Komparasi Efektifitas Terapi Musik dan Terapi Relaksasi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Hipertensi Esensial"


Terapi musik dan terapi relaksasi merupakan intervensi non farmakologi dalam klinik keperawatan yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada pasien dengan penyakit hipertensi esensial, namun tingkat perbandingan efektifitas antara terapi musik dan terapi relaksasi masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab hingga saat ini. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui komparasi efektifitas kedua terapi tersebut agar dapat melahirkan jawaban yang  evidence based medicine.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasi efektifitas terapi musik dan terapi relaksasi terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi esensial di desa Padakkalawa Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang.
            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Randomized Control Trial dengan rancangan Planned Cross Over Design. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel yang ditarik dengan tekhnik Purposive Sampling. komparasi efektifitas terapi musik dan terapi relaksasi dianalisis dengan menggunakan uji Mc Nemar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara efektifitas terapi musik dan terapi relaksasi dalam menurunkan tekanan darah penderita hipertensi esensial dengan nilai P = 0,54 atau  P > 0,05.
            Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti merekomendasikan kepada para praktisi kesehatan baik perawat, dokter, maupun terapis diharapkan dapat memilih untuk mengaplikasikan terapi musik ataupun terapi relaksasi dalam menurunkan tekanan darah pada pasien yang mengalami hipertensi esensial dengan memperhatikan kesesuaian prosedur, kebutuhan pasien secara holistik dan hubungan terapeutik yang harmonis. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian ini untuk memperkayah khazanah ilmu keperawatan dan kesehatan secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar